SALAM JUMPA

Foto saya
BERADA DI DESA SIDO MULYO,YANG LEBIH POPULER DI SEBUT " LIKU TIGA "AQU ORANGNYA SUPEL ,HOBI BERTEMAN DAN MENCARI TAMBAHAN ILMU PENGETAHUAN.SIDOMULYO ADALAH SALAH SATU DESA DI KABUPATEN SELUMA.PROPINSI BENGKULU. joint Us : My Twitter : @Slam3tsip My Fb : Slametsip

Minggu, 23 Januari 2011

Kemdiknas: Soal Ujian Nasional Rentan Bocor di Percetakan



Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional menilai kebocoran soal ujian nasional rentan terjadi di percetakan. Pasalnya, pengawasan di percetakan masih dianggap lemah.

"Yang paling rentan terjadinya kebocoran soal ujian nasional (UN) adalah di percetakan," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) Mansyur Ramli, di Mataram, Kamis (20/1).

Menurut Mansyur, percetakan merupakan lokasi yang memungkinkan terjadinya kebocoran soal karena ruang terbuka cukup luas dan adanya perjalanan panjang dalam mendistribusikan soal UN.

"Misalnya percetakan di Jakarta bisa memenangkan tender mencetak soal UN untuk wilayah NTB. Itu pasti membutuhkan perjalanan panjang dalam proses pengiriman ke NTB. Di percetakan juga tidak ada pengawas dari perguruan tinggi yang siaga ketika soal UN dicetak," ujarnya.

Oleh sebab itu, kata Mansyur, untuk mengantisipasi kebocoran yang terjadi baik di lokasi percetakan maupun jalur distribusi soal UN yang lain, pihaknya berharap penyelenggara UN di tingkat daerah memperkuat pengawasan.

Untuk itu diimbau kepada para orang tua dan siswa peserta UN, untuk tidak mudah percaya dengan kunci jawaban palsu yang beredar terutama melalui pesan singkat telepon seluler (SMS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar