SALAM JUMPA

Foto saya
BERADA DI DESA SIDO MULYO,YANG LEBIH POPULER DI SEBUT " LIKU TIGA "AQU ORANGNYA SUPEL ,HOBI BERTEMAN DAN MENCARI TAMBAHAN ILMU PENGETAHUAN.SIDOMULYO ADALAH SALAH SATU DESA DI KABUPATEN SELUMA.PROPINSI BENGKULU. joint Us : My Twitter : @Slam3tsip My Fb : Slametsip

Senin, 17 Januari 2011

Arti Sebuah Kecantikan

Siapa sih yang nggak mau dibilang cantik atau ganteng? Semua memuja keindahan dan kecantikan. Cantik bisa dilihat dari berbagai sisi, tergantung sudut pandang orang menilai kecantikan. Penggalan kalimat yang sedikit filosofis di atas mungkin terdengar agak basi, apalagi bagi kaum Hawa yang cenderung lebih mengutamakan tampilan kemasan. Eits, jangan sensi dulu! Cantik secara fisik juga perlu, tapi cantik batiniah dan perilaku juga wajib. Makanya ada konsep 3B (tambah imtaq lebih mantap!). gimana sih konsep cantik yang shalihah itu?

Sejak manusia dilahirkan, nilai keindahan dan kecantikan menjadi sesuatu yang dipuja. Qobil dan Khobil saja bertengkar karena menyukai kecantikan perempuan. Konon, Cleopatra, Nefertiti, Monalisa, Lady Diana bahkan aktris sekaliber Angelina Jolie pun dipuja dan diperebutkan karena kecantikannya. Wajar sih kalau kita mengagumi kecantikan dan ketampanan makhluk, karena semua itu anugerah dari Yang Maha Sempurna. Akan tetapi, kita perlu menilai cantik itu dari berbagai sisi terbaik dan kebenaran hakiki, bukan sekedar dorongan hasrat. Cantik sering diidentikkan dengan kebagusan fisik : tinggi semampai, kulit putih, rambut lurus., dan lain-lain yang menimbulkan rasa tidak PD pada remaja atau orang yang tidak memiliki  kriteria itu. Duh, sempit amat dunia kalau seperti itu.
Beberapa tahun terakhir, negara-negara kapitalis mematok kriteria cantik berdasarkan 3B (Brain, Behavior, Beauty). Negara kita juga ikut mengadopsi konsep itu, khususnya untuk menilai kecantikan pada ajang kontes kecantikan. Secara tidak langsung, konsep cantik itu banyak mengeksploitasi jasmani si peserta karena yang ditonjolkan tetap saja unsur beauty-nya.  Seperti itukah definisi cantik yang “menjanjikan segala kebahagian”?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar